Cara Migrasi Website dari cPanel ke CentOS Web Panel (CWP)

MasRaka - CentOS Web Panel atau biasa disebut CWP ini memang sedang populer dikalangan sysadmin dan developer dalam memanage sebuah website tanpa ingin dikenakan biaya tambahan atau charge untuk sebuah license.

 

Berbeda dengan cPanel, cPanel membutuhkan license minimal berlangganan per-bulan. Kemudian, berbicara soal desain antara cPanel dan CWP ini memang berbeda juga. Saya sendiri lebih suka ke cPanel karena fiturnya banyak, tetapi hal ini tidak bisa dipungkiri. Karena CWP adalah OpenSource.

Nah, untuk artikel kali ini saya akan membahas tentang bagaimana caranya migrasi website dari cPanel ke CWP. 

Migrasi Website dari cPanel ke CWP


Pertama: Backup.
Anda perlu melakukan full backup melalui menu cPanel - Backup dengan pilihan "Download a Full Website Backup" yang berformat (tar.gz). Untuk backup destination pilih "Remote FTP Server" formatnya seperti berikut:

Untuk Remote Server, Remote User dan Remote Password sesuai dengan milik Anda. Kemudian klik Generate Backup utk memulai prosesnya.

Kedua: Rubah Nama File
Jika sudah selesai di backup, nama file biasanya akan menjadi backup-tanggal-masrakamig.tar.gz. Direname menjadi cpmove-masrakamig.tar.gz

Ketiga: Menu cPanel Migration
Login ke CWP Admin Anda, lalu ke menu User Accounts - cPanel Migration.
Account Import pilih file backup sesuai dengan usernamenya, Associate Package pilih sesuai paket yang ingin diterapkan pada akun tersebut. Password Account utk login ke CWP User. 

Kolom password temporarily ini password sementara untuk semua email accountsnya. Jangan lupa juga untuk ceklis option "This can make the process faster..." supaya cepat saat proses importnya. Setelah itu klik Import dan tunggu beberapa saat.




Ketiga: Migrasi selesai
Jika statusnya sudah ceklis berwarna hijau semua, dan ada notifikasi "Migration has been successfully completed" artinya proses migrasi sudah selesai.



Demikian penjelasan dan pembahasan mengenai migrasi website dari cPanel ke CWP. 
Semoga dapat membantu, jika ada pertanyaan silakan berkomentar.

Terimakasih.

Rekomendasi Untuk Anda × +

Author : Mas Raka | Twitter | Instagram | Facebook

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »