Cara Mengamankan Website


MasRaka - Mengamankan Website, hal itu sangat penting dilakukan apabila ingin website kamu lancar dan tidak ada yang usil.

Karena jaman sekarang security online itu penting, selain hacker maupun cracker yang mulai banyak. Ada banyak cara yang perlu dilakukan untuk mengamankan website, ada yang berbayar dan juga yang gratis, nah saya akan berbagi yang gratis. Karena yang gratis itu menyenangkan bukan? 😄

Cara Mengamankan Website

Okay, yang pertama kalian harus memiliki sebuah website terlebih dahulu. Hampir 90% bisnis online maupun website yang sudah berjalan di internet, menggunakan CMS (Content Management Site) Wordpress.

Untuk instalasi wordpress kalian dapat cek Cara Instalasi Wordpress di cPanel Hosting. Untuk hosting maupun domain kalian bisa cek di sini.

Password Yang Kuat

Yap, setiap website ber-CMS tentunya memiliki akses login ke halaman adminnya. Nah, untuk password yang kamu gunakan ini harus kuat. Maksudnya kuat apa sih? Kuat itu dalam artian menggunakan kombinasi huruf, angka, kode, simbol
Contoh: WMvX2xQ7hLybBbBB

Jangan pernah gunakan password: admin, admin123, 123456, 123 maupun sejenisnya. Percayalah, itu sangat rentan dibobol.

Untuk password generator kalian bisa kunjungi PasswordGenerator.

Username Yang Unik

Username dan Password memang harus sama-sama kuat, username gunakan yang unik. Jangan pernah gunakan username admin / user. Gunakan username yang unik, seperti: 4dm1n. adminnih.

Gunakan Original Script

Jangan pernah juga gunakan script, themes maupun plugins yang gratisan (nulled) yang didownload dari website yang tidak resmi. Versi nulled biasanya disisipkan suspicious / malicious file yang sudah di enkripsi, bisa jadi itu adalah malware yang bisa mengirimkan spam terhadap email yang digunakan.

Akses Secukupnya

Maksudnya adalah jangan pernah membagikan akses ke halaman admin kepada orang lain, pilihlah orang terpercaya. Jika kamu memiliki seorang penulis di blog, maka berikan akses Author saja. Karena scope akses yang didapatkan tidak leluasa seperti administrator.

Antivirus

Gunakan antivirus yang up-to-date pada PC yang digunakan, karena virus jaman sekarang jika sudah menginfeksi PC dan kamu menggunakan Outlook, lalu ada SMTP Port yang terbuka, maka malware tersebut akan meng-lock port tersebut, kemudian spam itu akan terkirimkan secara otomatis. Virus-virus ini jika kamu menggunakan windows, maka akan nempel di sisi OSnya.

Plugins Security

Jika kamu menggunakan Wordpress, maka sebaiknya kamu install Plugins Security seperti Wordfence, iThemes Security.

Plugins security tersebut membantu memblock request threat yang masuk, bahkan bisa mengantisipasi brute-force pada wordpress lho.

Selain itu jika kamu menggunakan iThemes Security Pro, maka akan ada fitur malware scanner scheduling, dan fitur lainnya.

Aktifkan 2 Langkah Keamanan

Yup, kamu wajib banget mengaktifkan 2-step verification, kalau kamu juga pakai Wordpress, install saja Wordpress 2-step verification plugins, atau bisa gunakan fitur dari plugins security diatas.

Hal ini berguna menghindari juga akses tanpa izin, misalnya, kamu pernah kasih akses Administrator login ke teman, atau freelancer. Sebaiknya setelah kerjaan mereka selesai langsung aktifkan 2-step verification untuk menghindari abuse atau penyalahgunaan.

Yap, mungkin segitu saja tutorial kali ini tentang Cara Mengamankan Website. Jika ada pertanyaan atau ingin menambahkan seputar tipsnya silakan berkomentar dibawah.

Terimakasih telah berkunjung.

Rekomendasi Untuk Anda × +

Author : Mas Raka | Twitter | Instagram | Facebook

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »